Hewan cantik dengan racun yang mematikan

Standar

Poison Dart Frog

Jika Anda suatu waktu berjalan di dalam hutan di Amerika Tengah atau Amerika Selatan, jangan pernah memunggut sekor katak indah berwarni warni seperti terlihat di foto. Katak ini adalah katak paling beracun di dunia, dengan panjang sekitar 5 cm. Katak ini memiliki cukup racun untuk membunuh 10 orang dewasa 10 atau 20.000 ekor tikus.

Puffer / Ikan Kembung)

Ikan Puffer / Ikan Kembung adalah vertebrata kedua paling beracun di dunia setelah Poison Dart Frog. Walaupun dagingnya merupakan makanan lezat di Jepang (sebagai fugu) dan Korea (sebagai bok-uh) tetapi kulit dan organ tertentu ikan ini sangat beracun bagi manusia. Keracunan ikan ini, mematikan lidah dan bibir, pusing, muntah, denyut jantung cepat, kesulitan bernapas, dan kelumpuhan otot. Korban meninggal otot diafragma yang lumpuh. Sebagian besar korban meninggal setelah empat sampai 24 jam. Karena racun ikan ini bisa menyebabkan kematian seketika, hanya koki berlisensi yang diperbolehkan untuk mempersiapkan itu.

Stonefish

Walaupun wajahnya tidak menarik alias menyeramkan, tetapi ikan ini merupakan ikan paling berbisa di dunia. Racunnya dapat menyebabkan anggota tubuh korban yang terkena harus diamputasi. Rasa sakitnya digambarkan sebagai yang terburuk dirasakan oleh manusia. Dapat menyebabkan shock, kelumpuhan dan kematian jaringan. Jika tidak diberikan tindakan medis dalam beberapa jam, dapat berakibat fatal bagi manusia. Stonefish kebanyakan hidup di daerah, seperti perairan dangkal laut Pasifik dan lautan India, mulai dari Laut Merah ke Australia.

Inland Taipan

Inland Taipan Australia, merupakan ular paling berbisa di dunia. Hanya satu gigitan dari ular ini mengandung cukup racun untuk membunuh 100 orang dewasa atau 250.000 tikus. Racunnya 200 – 400 kali lebih beracun dari kobra biasa. Racun Inland Taipan, sangat neurotoksik dan dapat membunuh seorang manusia dewasa hanya dalam waktu 45 menit.

Badut Pemalas di Dunia Serangga

Sepertinya sudah biasa melihat ulet bulu, tapi bulu dari ulet bulu yang satu ini mengandung saesuatu yang berbahaya, sangat berbahaya hingga lusinan orang meninggal tiap tahunnya hanya karena menyentuhnya! Caranya juga kejam, racunnya mengandung anticoagulant(mencegah pembekuan darah), dan tekanan darah korban akan langsung turun drastis dan menyebabkan kematian.

Brazilian Wandering Spider (Laba-Laba Pengembara Brasil)

Brazilian Wandering Spider (Phoneutria) merupakan pemegang rekor dalam Guinness Book untuk laba-laba yang paling berbisa dan menyebabkan banyak kematian. Laba-laba ini diyakini memiliki racun neurotoksik paling kuat daripada jenis laba-laba lain. Hanya 0.006 mg sudah cukup untuk membunuh tikus. Mereka sering bersembunyi pada siang hari di daerah padat penduduk, seperti di dalam rumah, pakaian, sepatu, dan mobil. Racun laba-laba ini juga dapat menyebabkan priapisme – ereksi berjam-jam yang menyebabkan impotensi.


Death Stalker Scorpion

Banyak orang percaya bahwa gigitan kalajengkin hanya terasa nyeri, mati rasa atau bengkak. Namun gigitan kalajengkin yang satu ini, Death Stalker Scorpion, menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan, kemudian demam, diikuti dengan koma, kejang, kelumpuhan dan kematian. Kalajengking ini tersebar di Afrika Utara dan Timur Tengah.

Blue-Ringed Octopus (Gurita Cincin Biru)

Ukuran Gurita Cincin Biru sangat kecil, hanya seukuran bola golf. Tapi mempunyai bisa yang sangat kuat sehingga mampu membunuh manusia. Hewan ini membawa cukup racun untuk membunuh 26 manusia dewasa dalam hitungan menit, tanpa ada penangkal. Mereka saat ini diakui sebagai salah satu hewan di dunia yang paling berbisa. Walaupun gigitannya tampak tidak berbahaya, tetapi neurotoksin dapat mengakibatkan kelemahan otot, mati rasa, diikuti dengan berhentinya nafas dan akhirnya mati. Mereka dapat ditemukan di Samudera Pasifik, dari Jepang ke Australia.

King Cobra

The King Cobra (Ophiophagus hannah) adalah ular berbisa terpanjang di dunia, tumbuh hingga 5,6 m. Ophiophagus, berarti “ular pemakan” dan ular ini memangsa ular lainnya. Gigitan ular yang mematikan ini dapat dengan mudah membunuh manusia. Ular ini bahkan mampu membunuh Gajah Asia dewasa dalam waktu 3 jam jika digigit di belalainya. Walaupun bisanya masih kalah dengan ular Black Mamba, tetapi King Cobra dapat menyuntikkan bisanya 5 kali lebih banyak daripada Black Mamba sehingga menyebabkan kematian 5 kali lebih cepat. Tempat hiup King Cobra ada di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Marbled Cone Snail (Siput Cangkang Marmer)

‘Warna cerah dan sosok kecil siput cone memang menarik hati, dan kadang-kadang membuat orang ingin memungutnya dan menggenggamnya sebentar.’ Ketika itulah siput cone akan mengeluarkan duri beracunnya, menusuk dan mengirim racunnya (durinya ini bahkan sanggup menembus sarung tangan).

Syaraf manusia akan rusak oleh sedikit racun ini, dalam beberapa detik rasa sakit yang amat sangat di tempat sengatan akan berubah menjadi mati rasa. Lalu racun ini akan menyebar dan sesaat kemudian seluruh tubuh Anda akan lumpuh. Lalu napas Anda yang akan berhenti, dan tidak harus menunggu lama untuk membuat jantung Anda akan berhenti berdetak!

Siput Cone (Cone Snail – Siput Kerucut)


Tentu saja sudah ada penawar racun dari racun ini, tapi jujur saja, dengan racun yang dapat membunuh Anda hanya dalam waktu kurang dari 4 menit, Anda hanya akan selamat jika antiracun itu ada di saku baju Anda. Bahkan CIA pun kabarnya pernah membuat senjata yang menggunakan racun ini untuk melumpuhkan musuh.


Ular Laut

Ular laut jenis ini (hook-snoke atau beaked sea snake) punya satu racun yang termasuk paling berbahaya di dunia. Sedikit (cuma sekian gram) tapi cukup membuat Anda berenang bersama ikan untuk selama-lamanya…

.

Ubur-ubur kotak (box jelly-fish)

Berenang di air laut jernih, menikmati dinginnya air, sinar matahari yang hangat, membuat orang tidak peduli dengan moster ini, apalagi sosoknya yang hampir sejernih lautnya. Namanya Chironex fleckeri (namanya kedengaran syeyem).

Chironex fleckeri adalah sejenis ubur-ubur mungil, hanya sepanjang 16 inch. Punya 4 tandan mata dengan keseluruhan 24 mata; tentakelnya mengandung nematocysts (sel-sel sengat mikroskopik) dimana bereaksi hanya karena sentuhan atau sapuan kecil kerang atau kulit manusia. Coba saja senggol dikit dan sel-sel sengatnya akan langsung menyembur, mengirim ke tubuh manusia atau apa saja dengan racun syaraf paling berbahaya yang pernah diketahui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s